SOP SRS Pendaftaran Admin Sidalih

From Dokumentasi Sistem Informasi KPU
Jump to: navigation, search

Overview

SOP ini bagian dari SRS Pendaftaran Admin Sidalih


Procedure

  • Petugas yang mendaftar menjadi admin Sidalih harus sudah menjadi anggota dari portal Kabupaten/Kota, jika belum ada maka admin portal Kabupaten/Kota membuat user baru untuk petugas tersebut melalui tool Petugas.
  • Jika petugas Kabupaten/Kota telah memiliki akun dan dapat masuk ke portal Kabupatennya maka dia dapat masuk ke portal Provinsi untuk mengajukan permohonan menjadi admin Sidalih untuk portal Kabupatennya.
  • Calon admin Kabupaten menggunakan akun yang telah dibuat di portal Kabupaten masuk ke portal Provinsi untuk mengajukan permohonan dengabn menggunakan tool Mengajukan Permohonan
  • Permohanan akan masuk secara sistem ke database portal Provinsi untuk direspon oleh admin portal Provinsi
  • Calon admin Sidalih dapat mengunduh surat permohonan dalam bentuk PDF untuk kepentingan adminstrasi birokrasi.
  • Petugas admin Provinsi memeriksa pengajuan dari petugas Kabupaten/Kota.
  • Bila ternyata dari hasil pemeriksaan oleh Provinsi ditemukan kesalahan Kabupaten dalam mengajukan permohonan maka permohonan harus dibatalkan dengan menggunakan tool dengan menggunakan tool Menyetujui Permohonan.
  • Kesalahan yang dimaksud adalah bila calon Admin yang diperiksa bukan petugas yang ditugaskan untuk menjadi Admin Sidalih Kabupaten.
  • Jika tidak terdapat kesalahan maka Admin kemudian memberi persetujuan dengan menggunakan tool Menyetujui Permohonan
  • Calon admin Sidalih Kabupaten/Kota menerima pemberitahuan via email bahwa dia telah menjadi admin Sidalih untuk portal Kabupaten/Kota
  • Admin Sidalih Kabupaten/Kota dapat mendownload Berita Acara pendaftaran admin Sidalih untuk kepentingan administrasi birokrasi.